6 Lapisan Atmosfer : Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya - IlmuGeografi.com (2022)

Lapisan Atmosfer merupakan lapisan gas yang berada di luar bumi sejak jarak 0 sampai dengan lebih dari 800 kilo meter diatasnya. Lapisan ini juga banyak mengalami transisi di antara pembatas lapisan satu dengan lapisan lainnya. Bukan berupa batas yang kaku dan saklek, namun pembatas itu mulai pelan pelan, tipis dan lambat laun dengan ketinggian yang lebih terjadi proses kimia yang lain.Sudah banyak sekali study yang meneliti adanya lapisan atmosfer ini.

Mulai dari adanya proses ionisasi, terjadinya banyak muatan listik, adanya aurora, dan fenomena alam lainnya menggambarkan bahwa adanya kejadian alam bukan hanya di bumi. Atmosfer yang hanya kumpulan gas gas dan lapisan ini juga mampu menghasilkan fenomena yang menggiurkan.Begitu pula yang ada di luar bumi, ada lapisan yang menyelimuti. Lapisan tersebut di namakan atmosfer. Lapisan ini yang basanya di sebut dengan lapisan pelindung planet. Anda pernah mendengar kasus ‘bolongnya lapisan ozon’? nah itu juga merupakan salah satu bentuk masalah penyebab pemanasan globalyang sekarang ini di khawatirkan. Adanya lubang pada lapisan ozon ini akan sangat berbahaya bagi makhluk yang tinggal di dalamnya.

Fungsi Atmosfer

Atmosfer memiliki tujuan khusus, yakni sebagai pelindung bumi sekaligus menjaga kestabilan suhu, cuaca dan kelembaban udara yang ada di dalam bumi. Atmosfer juga mampu menyeimbangkan dan menstabilkan keadaan yang di bumi dengan luar. Jadi ketika matahari yang penyinarannya berada di atas bumi, dengan bantuan atmosfer bisa membantu mengurangi cuaca panasnya matahari yang ekstrem.Selain itu atmosfer juga melindungi bumi dari benturan atau jatuhan reruntuhan benda-benda darisistem tata surya yang bebas tanpa gravitasi di luar angkasa seperti meteor, batuan angkasa yang bebas berjalan-jalan. Akan sangat berbahaya jika lapisan ini rusak, bahkan sampai berlubang hingga hancur. Manusia dan makhluk hidup yang ada di bumi tidak akan bisa bertahan lama

Berikut ini adalah bentuk lapisan lapisan yang menyelimuti bumi :

Lapisan Troposfer

Lapisan yang berada pada jarak 0 sampai dengan 12 kilo meter dari muka bumi ini merupakan lapisan yang paling dasar dan dekat dengan bumi. Maka lapisan inilah yang paling menjaga dan menstabilkan keadaan bumi. Beberapa kegunaan dari lapisan ini adalah :

(Video) Lapisan Atmosfer, Suhu, dan Cuaca - GEOGRAFI

  • Terjadi fenomena alam

Pada bagian lapisan yang paling dekat dengan bumi ini sangat memungkinkan terjadinya peristiwa dan fenomena alam paling dekat. Misalnya terjadi angin yang kencang yang mengakibatkan dampak akibat kerusakan hutan, hujan, halilintar, berawan. Banyak interaksi manusia terjadi pada lapisan ini. Seperti aktivitas pesawat udara.

  • Batas dengan tropopause

Setelah lapisan troposfer, terdapat lapisan penyeimbang yang menghubungkan dengan lapisan atmosfer dalam tingkat lebih tinggi. Lapisan pembatas atau tropopause ini termasuk lapisan atmosfer yang di nilai konstan. Namun pada lapisan ini, segala bentuk aktivitas udara seperti oksigen dan karbondioksida sudah tidak ada. Otomatis mahluk hidup tak akan mampu untuk tinggal lama di lapisan ini

  • Suhu lapisan yang berbeda-beda

Bentuk bumi yang bulat, namun letaknya yang mirip dengan orang ruku’ juga menyebabkan tingkat tingginya lapisan juga berbeda beda. Misalnya seperti jarak permukaan bumi dengan daerah kutub, yakni hanya setinggi kurang lebih 8 kilo meter dengan suhu kelembaban udara kurang lebih -46⁰ celcius. Lain lagi didaerah yang beriklim sedang memiliki jarak dengan troposfer sebesar 11 kilo meter dengan suhu -50⁰ celcius. Lain lagi dengan daerah yang berada di kawasan garis khayal ekuator atau khatulistiwa memiliki ketinggian sekitar 16 kilo meter dengan suhu kurang lebih -50⁰ celcius.

  • Keadaan temperature lapisan troposfer

Meski salah satu manfaat dari lapisan troposfer adalah menyeimbangkan suhu udara yang ada di luar dengan di dalam bumi, ternyata temperature di lapisan ini tidak konstan. Inilah yang menyebabkan perbedaan temperature di satu tempat dengan tempat lain berbeda beda. Jika tempat tersebut memiliki posisi yang tinggi, maka temperaturnya rendah. Begitu pula sebaliknya.

  1. Sub lapisan troposfer :
  2. Lapisan planet air yang berada di jarak 0 sampai 1 kilo meter dengan permukaan bumi
  3. Lapisan konveksi yang berada di jarak 1 sampai 8 kilo meter dengan permukaan bumi
  4. Lapisan tropopause yang berada pada ketinggian 8 sampai 12 kilo meter dari permukaan bumi.

Lapisan Stratosfer

Lapisan yang berada di atas sub lapisan tropopause, troposfer. Jaraknya dengan lapisan permukaan bumi sekitar di atas 12 kilo meter sampai dengan 60 kilo meter. Pada bagian inilah yang terkenal dengan lapisan ozon, yang mana sedang di bicarakan di mana-mana. Kasus bolongnya ozon akibat ulah global warming memang meresahkan seluruh makhluk hidup. Beberapa karakteristik lapisan ini adalah :

  • Terletak lapisan O3 (Ozon)

Lapisan ozon yang sering di beritakan akhir-akhir ini terletak pada bagian stratosfer. Yakni berada pada jarak 35 kilo meter dari permukaan bumi. Dari lapisan inilah di mulai terjadinya perbedaan temperature dan tekanan. Lapisan ini di nilai sangat penting, sebab mampu menjaga dan melindungi bumi dari bahaya radiasi sinar ultraviolet.

Seperti pada kasus yang ada pada akhir akhir ini sebagai bentuk akibat dari global warming, bahwa lapisan ozon di khawatirkan bolong. Sinar ultraviolet yang masuk melalui celah tersebut, mampu meningkatkan resiko kanker kulit serta penyakit berbahaya lain.

(Video) Karakteristik Lapisan Atmosfer

  • Terdapat stratopause

Sama seperti lapisan sebelumnya, antara lapisan stratosfer dengan mesosfer juga terdapat lapisan pembatas. Lapisan tersebut memiliki temperature yang relative konstan dari lapisan sebelumnya. Di sebut dengan lapisan stratopause. Suhu dan ketinggian pada lapisan atmosfer ini berkisar kurang lebih 50 kilo meter di atas permukaan bumi dan 5⁰ celcius.

  • Sub lapisan stratosfer
  1. Lapisan isotherm
  2. Lapisan panas
  3. Lapisan campuran teratas

Lapisan Mesosfer

Lapisan atmosfer yang berada tepat di atas lapisan stratosfer. Di sebut sebagai lapisan mesosfer yang berada pada ketinggian 60 sampai dengan 80 kilo meter di atas permukaan bumi. Berikut ini adalah karakteristiknya :

  • Pelindung bumi

Manfaat utama dari lapisan ini adalah pelindung dan penyelamat bumi dari jatuhnya benda benda langit seperti meteor. Caranya lapisan ini melindungi bumi adalah dengan membakar benda langit tersebut saat masuk ke lapisan mesosfer. Kemudian benda langit tersebut hangus dan menjadi abu sebelum sampai di permukaan bumi.

  • Cuaca dan temperature

Di nilai cukup ekstrim keadaan suhu dan cuacanya, yakni berkisar antara -50⁰ celcius sampai dengan 70⁰ celcius.

  • Terdapat lapisan mesopause

Bagian mesosfer yang berbatasan langsung dengan termosfer adalah lapisan mesopause.

Lapisan Termosfer

Setelah adanya lapisan mesosfer, terdapat lapisan yang lebih jauh dari mesosfer. Lapisan tersebut di kenal dengan nama termosfer. Letaknya sekitar 80 kilo meter sampai dengan 100 kilo meter dari permukaan bumi.

Anda pernah melihat aurora? Nah dari sinilah aurora yang indah tersebut terbentuk. Dari lapisan atmosfer bagian termosfer. Berikut adalah karakteristiknya :

(Video) #1 #Kelas10 #Geografi #Semester2 #PJJ | LAPISAN ATMOSFER BUMI

  • Kemunculan aurora

Pada lapisan ini terkenal dengan adanya proses ionisasi pada atom atom serta molekulnya. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai reaksi yang menyebabkan penambahan dan pengurangan jumlah electron yang menghasilkan cahaya berwarna warni di angkasa seperti proses terjadinya pelangi yang memberikan warna-warna yang indah. Cahaya tersebut akan sangat nampak di daerah kutub utara dan selatan, yang di kenal dengan nama aurora.

  • Keadaan suhu dan temperature

Kondisi suhu dan temperature pada lapisan ini berkisar antara 40⁰ celcius sampai dengan 1.232⁰ celcius

Lapisan Ionosfer

Kemudian setelah keberadaan ionosfer, terdapat lapisan yang berjarak dari permukaan bumi sekitar 100 kilo meter sampai dengan 800 kilo meter. Pada lapisan inilah semua atom dan molrkul udara yang ada mengalami proses ionissasi. Itulah mengapa lapisan ini di sebut dengan lapisan ionosfer. Berikut adalah karakteristiknya :

  • Bermuatan listrik

Lapisan ionosfer terjadi banyak sekali proses ionisasi. Hal ini menyebabkan lapisan ini bermuatan listrik akibat adanya proses dan kegiatan ionisasi.

  • Adanya pemantulan Gelombang radio

Pada lapisan ionosfer terjadi proses pemantulan gelombang radio yang berasal dari bumi. Gelombang tersebut berisi antara lain gelombang panjang dan gelombang pendek yang berada di sub lapisan Kennelly dan Appleton. Berkisar dari permukaan bumi sekitar 100 kilo meter sampai dengan 400 kilo meter.

  • Sub bagian lapisan ionosfer :
  1. Lapisan Kennelly Heavyside atau di kenal dengan lapisan E yang berada pada ketinggian 100 kilo meter sampai dengan 200 kilo meter dari permukaan bumi
  2. Lapisan Appleton atau biasa di kenal dengan lapisan F yang berada pada jarak 200 kilo meter sampai dengan 400 kilo meter dari permukaan bumi
  3. Lapisan Atom yang berada pada jarak 400 kilo meter sampai dengan 800 kilo meter.

Lapisan Eksosfer

Inilah pelindung atau lapisan atmosfer terakhir yang menyelimuti bumi. Lapisan eksosfer, menjadi lapisan atmosfer paling jauh dari bumi yang memiliki rentang jarak antara lain 800 kilo meter sampai dengan 3.260 kilo meter. Di lapisan inilah mulai terjadi banyak interaksi dan hubungan antara gas-gas yang ada di dunia luar bumi, serta gas-gas yang membentuk atmosfer bumi. Karena jaraknya yang teramat jauh dari permukaan bumi, maka kekuatan gaya gravitasi bumi juga rendah.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan mengenai lapisan-lapisan atmosfer. Dan selain lapisan-lapisan atmosfer, terdapat beberapa kandungan gas di lapisan atmosfer.

(Video) Geo X. 28. Dinamika Atmosfer & Dampaknya Bagi Kehidupan.

Berikut adalah penjelasannya :

Kandungan Gas Atmosfer

Pada lapisan atmosfer bumi, bumi memiliki gas dengan kandungan gas yang terkandung di lapisan atmosfer. Kandungan gas di bumi ini yang akan membantu melindungi lapisan atmosfer.

Berikut adalah penjelasan mengenai kandungan gas di bumi :

1. Kandungan Gas

Bumi yang sekarang ini di tempati memiliki kandungan gas, antara lain :

  • Gas nitrogen dengan kadar 78,17 %
  • Gas oksigen (O2) sebesar 20,97 %
  • Gas argon sebesar 0,9 %
  • Gas karbon dioksida (CO2) sebanyak 0.0357 %
  • Uap air dan beberapa gas pendukung lainnya yang memiliki kadar lebih rendah.

2. Komposisi penyusunan atmosfer

Sebenarnya apa sajakah gas gas yang menyusun atmosfer? Bagaimana bisa ia bekerja dengan baik dalam menjaga bumi kita ini? Berikut adalah komposisi yang di butuhkan untuk menyusun sebuah atmosfer bumi :

(Video) Atmosfer dan Lapisan Pembentuknya (Geografi - SBMPTN, UN, SMA)

  • Nitrogen (gas yang paling banyak berada di bumi)
  • Oksigen (gas yang paling di butuhkan oleh manusia)
  • Argon (gas yang banyak di gunakan sebagai pengisi lampu)
  • Air (komponen yang paling banyak di bumi)
  • Ozon (lapisan yang melindungi makhluk hidup dari bahaya radiasi sinar ultraviolet)
  • Karbon doksida (gas yang paling di butuhkan oleh tumbuhan)

Baca juga artikel lainnya mengenai fenomena yang terjadi di lapisan atmosfer :

  • manfaat pasang surut air laut
  • manfaat pantai
  • manfaat sumur resapan
  • jenis-jenis hujan
  • fungsi air hujan

Diatas merupakan penjelasan mengenai lapisan atmosfer beserta dampak yang mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

FAQs

Apa saja lapisan lapisan atmosfer? ›

Ada lima lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi yakni troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer (ionosfer), dan eksosfer. Lima lapisan atmosfer ini memiliki ciri-ciri dan fungsi serta jarak yang berbeda antara satu lainnya.

Apa saja fungsi dari lapisan atmosfer? ›

Beberapa fungsi atmosfer antara lain: Pelindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil. Penyeimbang dan penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi. Mengurangi rasa panas yang diberikan langsung oleh cahaya matahari.

6 Apa ciri dari lapisan termosfer? ›

Termosfer

Lapisan ini terletak pada ketinggian 85-500 km. Ciri-ciri lapisan ini adalah: Suhu di lapisan bagian atas dapat mencapai kurang dari 1000° C. Sering disebut dengan lapisan panas. Terdapat lapisan ionosfer pada lapisan ini.

Apa yang dimaksud dengan atmosfer dan apa fungsinya? ›

Atmosfer itu berasal dari bahasa Yunani yakni “atmos“ yang berarti uap air atau gas serta “aphaira“ yang berartikan selimut. Sehingga, pengertian atmosfer adalah lapisan gas dengan ketebalan ribuan kilometer yang terdiri atas beberapa lapisan dan berfungsi melindungi bumi dari radiasi dan pecahan meteor.

Apa yang dimaksud dengan atmosfer dan sebutkan 5 lapisan atmosfer? ›

Secara umum pengertian atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti Bumi. Atmosfer berguna untuk melindungi Bumi dari meteor, sinar ultraviolet dan benda langit lain. Terdapat 5 lapisan atmosfer yang menyelimuti Bumi yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer.

Apa ciri ciri lapisan atmosfer? ›

Ciri-ciri Lapisan Atmosfer
  • Merupakan lapisan yang langsung berhubungan dengan permukaan Bumi, yakni tempat tinggal makhluk hidup.
  • Ketebalan sekitar 12 km dari permukaan tanah (baca: jenis- jenis tanah), dan merupakan lapisan yang paling tipis diantara lapisan yang lainnya.
Jun 15, 2016

Jelaskan apa yang dimaksud dengan atmosfer? ›

Atmosfer adalah lapisan yang menyelimuti planet bumi. Atmosfer ini berupa gas yang berlapis-lapis yang tiap lapisnya berjarak ribuan kilometer. Pada planet bumi, atmosfer diklaim memiliki ketebalan mencapai 1.000 km dari permukaan bumi.

Apa fungsi dari lapisan troposfer? ›

Salah satu fungsi troposfer adalah menyeimbangkan suhu dan udara, namun lapisan troposfer tidak bisa menyeimbangkan suhu atau temperatur. Oleh sebab itu, terdapat perbedaan suhu antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Apa yang kamu ketahui tentang istilah atmosfer dalam ilmu geografi? ›

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, pengertian atmosfer adalah lapisan gas dengan ketebalan ribuan kilometer yang terdiri atas beberapa lapisan dan berfungsi melindungi bumi dari radiasi dan pecahan meteor. Ketebalan atmosfer mencapai 1.000 kilometer dari permukaan bumi.

Apa fungsi dari lapisan stratosfer? ›

Sama seperti lapisan lain yang ada di atmosfer, stratosfer juga punya fungsi dan manfaatnya sendiri. Manfaat utama dari stratosfer bagi kehidupan manusia di Bumi adalah untuk melindungi dari gelombang radiasi ultraviolet Matahari. Radiasi ini sangat membahayakan kalau terkena kulit manusia.

Apa fungsi dari lapisan termosfer? ›

KOMPAS.com - Termosfer merupakan lapisan atmosfer keempat dari Bumi. Lapisan termosfer sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena lapisan itu berfungsi sebagai tempat terjadinya dan bisa dimanfaatkan untuk memantulkan gelombang radio.

Apa fungsi dari lapisan ionosfer? ›

Fungsi pertama dari ionosfer sebagai lapisan pelindung bumi adalah melindungi bumi dari berbagai benda langit yang jatuh seperti meteor.

Bagaimana struktur lapisan atmosfer Bumi? ›

Atmosfer Bumi memiliki struktur berlapis. Setiap lapisannya mempunyai fungsi masing-masing. Dari permukaan tanah menuju langit, lapisan tersebut adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Lapisan lain, yang disebut ionosfer, membentang dari mesosfer hingga eksosfer.

Apa saja ciri ciri lapisan mesosfer? ›

Ciri- ciri Lapisan Mesosfer

Beberapa ciri atau karakteristik dari mesosfer antara lain adalah: Berada di ketinggian antara 60 hingga 80 kilometer. Mempunyai suhu sekitar -50 hingga -70 derajat celcius. Terdapat suatu lapisan yang dinamakan lapisan mesopause yang terletak di antara lapisan mesosfer dan lapisan termosfer.

Apa ciri dan fungsi dari lapisan mesosfer? ›

Fungsi lapisan mesosfer

Lapisan mesosfer berfungsi melindungi bumi dari meteor, sehingga meteor hancur sebelum mencapai permukaan bumi. Meteor dari luar angkasa dapat dengan mudahnya masuk ke lapisan eksosfer juga termosfer bumi yang memiliki kepadatan udara rendah.

Apa ciri dan fungsi dari lapisan stratosfer? ›

KOMPAS.com - Stratosfer merupakan salah satu lapisan atmosfer. Berada di atas tropopause, yakni lapisan pembatas antara troposfer dan stratosfer. Pada stratosfer ada lapisan ozon. Fungsi utamanya adalah melindungi Bumi dari gelombang radiasi ultraviolet yang sangat berbahaya jika terkena kulit manusia.

Di mana letak lapisan atmosfer? ›

Atmosfer yaitu lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan lebih kurang 560 km dari atas permukaan Bumi.

Berapa tinggi atmosfer? ›

Atmosfer bumi adalah lapisan gas yang melingkupi bumi, dari permukaannya sampai jauh di luar angkasa. Ketinggian atmosfer antara ketinggian 0 km di atas permukaan tanah hingga pada ketinggian sekitar 560 km dari atas permukaan bumi.

Berapa suhu di lapisan troposfer? ›

Di dalam lapisan roposfer terdapat lapisan tropopause yang merupakan lapisan antara troposfer serta stratosfer. Setiap kenaikan 100 meter, suhunya akan turun menjadi 0,5°-0,6° C. Puncak troposfer mempunyai temperatur hingga mencapai minus 600 C.

Apa yang dimaksud dengan lapisan mesosfer? ›

Lapisan Mesosfer merupakan lapisan atmosfer yang berada di ketinggian 60 km sampai 80 km dpl. Lapisan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Lapisan berada di tengah-tengah seluruh lapisan atmosfer. Lapisan Mesosfer menjadi lapisan atmosfer yang melindungi bumi dan hujan meteor.

Berapa suhu di lapisan stratosfer? ›

Stratosfer

Stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang bersuhu dingin dan hanya ditempati oleh ozon. Kisaran suhunya pada 5 ⁰C. Lapisan ini berada di atas sub lapisan tropopause, troposfer. Ozon terletak pada jarak 35 kilometer di atas permukaan Bumi.

Apa saja 10 lapisan bumi? ›

Lapisan Bumi
  • Kerak Bumi. Kerak Bumi merupakan lapisan terluar yang tipis dibandingkan lapisan lainnya. ...
  • Mantel Bumi. Lapisan di bawah kerak adalah mantel. ...
  • Inti Bumi. Inti Bumi merupakan lapisan yang paling dalam. ...
  • Atmosfer. ...
  • Hidrosfer. ...
  • Litosfer. ...
  • Biosfer.
Oct 15, 2019

Apa saja 10 lapisan bumi? ›

Lapisan Bumi
  • Kerak Bumi. Kerak Bumi merupakan lapisan terluar yang tipis dibandingkan lapisan lainnya. ...
  • Mantel Bumi. Lapisan di bawah kerak adalah mantel. ...
  • Inti Bumi. Inti Bumi merupakan lapisan yang paling dalam. ...
  • Atmosfer. ...
  • Hidrosfer. ...
  • Litosfer. ...
  • Biosfer.
Oct 15, 2019

Lapisan apa saja yang melindungi bumi? ›

Atmosfer berfungsi sebagai pelindung bumi dari berbagai benda asing luar angkasa yang dapat jatuh ke bumi dikarenakan terkena gaya gravitasi bumi.

Apa peran dari lapisan troposfer? ›

Salah satu fungsi troposfer adalah menyeimbangkan suhu dan udara, namun lapisan troposfer tidak bisa menyeimbangkan suhu atau temperatur. Oleh sebab itu, terdapat perbedaan suhu antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Apa fungsi dari lapisan ionosfer? ›

Fungsi pertama dari ionosfer sebagai lapisan pelindung bumi adalah melindungi bumi dari berbagai benda langit yang jatuh seperti meteor.

Bagaimana struktur bumi? ›

KOMPAS.com - Struktur dalam bumi berlapis terdiri dari tiga lingkaran yang konsentris, yaitu kerak (crust), mantel (mantle) dan inti bumi (inner and outer core).

Berapa ketinggian atmosfer? ›

Atmosfer bumi adalah lapisan gas yang melingkupi bumi, dari permukaannya sampai jauh di luar angkasa. Ketinggian atmosfer antara ketinggian 0 km di atas permukaan tanah hingga pada ketinggian sekitar 560 km dari atas permukaan bumi.

Berapa suhu di eksosfer? ›

Ciri-ciri dari lapisan eksosfer adalah berada pada ketinggian antara 500-1000 km, serta suhu mencapai 2200 derajat celcius.

Lapisan Atmosfer merupakan lapisan gas yang berada di luar bumi sejak jarak 0 sampai dengan lebih dari 800 kilo meter diatasnya. Lapisan in...

Lapisan yang berada pada jarak 0 sampai dengan 12 kilo meter dari muka bumi ini merupakan lapisan yang paling dasar dan dekat dengan bumi.. Meski salah satu manfaat dari lapisan troposfer adalah menyeimbangkan suhu udara yang ada di luar dengan di dalam bumi, ternyata temperature di lapisan ini tidak konstan.. Sub lapisan troposfer : Lapisan planet air yang berada di jarak 0 sampai 1 kilo meter dengan permukaan bumi Lapisan konveksi yang berada di jarak 1 sampai 8 kilo meter dengan permukaan bumi Lapisan tropopause yang berada pada ketinggian 8 sampai 12 kilo meter dari permukaan bumi.. Lapisan Kennelly Heavyside atau di kenal dengan lapisan E yang berada pada ketinggian 100 kilo meter sampai dengan 200 kilo meter dari permukaan bumi Lapisan Appleton atau biasa di kenal dengan lapisan F yang berada pada jarak 200 kilo meter sampai dengan 400 kilo meter dari permukaan bumi Lapisan Atom yang berada pada jarak 400 kilo meter sampai dengan 800 kilo meter.. Kandungan Gas Atmosfer Pada lapisan atmosfer bumi, bumi memiliki gas dengan kandungan gas yang terkandung di lapisan atmosfer.. Nitrogen (gas yang paling banyak berada di bumi) Oksigen (gas yang paling di butuhkan oleh manusia) Argon (gas yang banyak di gunakan sebagai pengisi lampu) Air (komponen yang paling banyak di bumi) Ozon (lapisan yang melindungi makhluk hidup dari bahaya radiasi sinar ultraviolet) Karbon doksida (gas yang paling di butuhkan oleh tumbuhan)

Lapisan Atmosfer - Dalam atmosfer bumi banyak mengandung zat gas yang mendukung untuk kelangsungan hidup suatu makhluk. Termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Lapisan atmosfer tersebut terdiri dari lapisan troposfer, stratosfer, lapisan mesosfer, termosfer, ionosfer, dan lapisan eksosfer.

Dalam lapisan atmosfer bumi, terdapat beberapa unsur atau zat yaitu oksigen (20.97%), nitrogen (78.17%), karbondioksida (0.0357%), argon (0.9%), uap air, dan zat gas yang lainya.. Tidak ada batas yang pasti antara lapisan atmosfer bumi dan luar angkasa.. Udara bawah : lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 1-2 km dari permukaan bumi.. Udara campuran (teratas) : berada di ketinggian 50-80 km di atas permukaan bumi dan memiliki suhu udara +50ºC sampai -70ºC.. Selain nitrogen, gas lain yang banyak terkandung didalam atmosfer bumi adalah gas oksigen.

Urutan Lapisan Atmosfer: Pengertian Beserta Fungsinya - Atmosfer adalah lapisan udara yang melingkupi bumi secara ekstensif. Di antara komponen yang diperoleh

Mendukug proses penyaluran spora tumbuhan Menjadi penghubung frekuensi suara Menjadi generator listrik merupakan generator listrik daya angin yang terisi dalam atmosfer Menjadi penyusun keluar masuk satelit bumi, baik satelit alami bumi yang berbentuk bulan dan satelit buatan Menjadi dinding bagi bumi dari hantaman yang ditimbulkan oleh objek-objek angkasa Menjadi benih oksigen dan karbon dioksida Sebagai dinding bagi bumi untuk menyusutkan dampak ancaman pancaran sinar ultra violet yang diradiasikan oleh matahari.. Troposfer merupakan lapisan atmosfer sangat buncit dengan ketinggian hingga 8 km di kawasan kutub dan 18 km di kawasan khatulistiwa.. Lapisan ionosfer yang terbentuk akibat reaksi kimia ini juga merupakan lapisan pelindung Bumi dari batu meteor yang berasal dari luar angkasa karena ditarik oleh grafitasi bumi, dilapisan ionosfir ini batu meteor terbakar dan terurai, jika sangat besar dan tidak habis dilapisan udara ionosfir ini maka akan jatuh sampai kepermukaan Bumi yang disebut Meteorit.. Pengertian Lapisan Termosfer sebagai Lapisan Atmosfir) – Lapisan Termosfer Berada di atas mesopouse dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km.. Pada lapisan ini, gas-gas akan terionisasi, oleh karenanya lapisan ini sering juga disebut lapisan ionosfer.. Ozon terdapat pada seluruh atmosfer bagian bawah, namun kebanyakan gas tersebut terkonsentrasi pada lapisan stratosfer, yakni pada ketinggian sekitar 15 sampai 35 km.

Atmosfer memiliki peran penting bagi keberadaan planet Bumi. Yuk kenali lebih jauh mengenai lapisan, fungsi, dan ciri-cirinya.

Pada planet Bumi, atmosfer ada pada ketinggian 0 km dari permukaan tanah, hingga dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi.. Karena lapisan ini adalah lapisan paling dasar yang dekat dengan bumi, maka lapisan ini berfungsi menjaga kestabilan udara planet Bumi.. Pada lapisan keempat dari atmosfer ini, terjadi ionisasi partikel-partikel yang akan menimbulkan efek pada perambatan maupun pemantulan gelombang radio, baik dengan frekuensi rendah ataupun tinggi.. Caranya yaitu dengan menyerap dan memantulkan 34 persen panas yang dipancarkan matahari, sekitar 19 persen diserap oleh atmosfer dan awan, dan sekitar 47 persen sampai ke permukaan bumi.. Dari penjelasan di atas, kamu tentunya paham bahwa lapisan atmosfer terdiri dari beberapa jenis lapisan yang berbeda antara satu dengan lainnya.. Lapisan yang paling tipis di antara lapisan lainnya dan memiliki ketebalan sekitar 12 km dari permukaan tanah.. Terdapat lapisan yang melindungi Bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang disebut sebagai lapisan ozon.. Lapisan tertinggi kedua Memiliki suhu yang sangat panas mencapai lebih dari 1000ᵒ Celcius, sehingga disebut juga lapisan panas.

Materi Pengertian Atmosfer Bumi Menurut Para Ahli Lapisan Fungsinya Bagi Kehidupan Secara Lengkap Bisa Kamu Baca pada Web DosenGeografi.Com

Selain memberi kita gas untuk bernafas, atmosfer juga membantu membuat Bumi dapat ditinggali makhluk hidup, karena dapat melindungi kita dari sebagian besar radiasi ultraviolet (UV) berbahaya yang berasal dari Matahari, menghangatkan permukaan planet kita sekitar 33 ° C (59 ° F) melalui efek rumah kaca, dan sebagian besar mencegah perbedaan ekstrim antara suhu siang dan malam hari.. Atmosfir Bumi melindungi kehidupan di Bumi dengan menciptakan tekanan yang memungkinkan air mencair ada di permukaan Bumi, menyerap radiasi matahari ultraviolet, menghangatkan permukaan melalui retensi panas (efek rumah kaca), dan mengurangi suhu ekstrem antara siang dan malam (suhu diurnal variasi).. Ketinggian puncak troposfer bervariasi dengan garis lintang (paling rendah di atas kutub dan tertinggi di khatulistiwa) dan menurut musim (lebih rendah di musim dingin dan lebih tinggi di musim panas).. Hanya beberapa awan yang dapat ditemukan di lapisan ini karena hampir semua awan muncul di troposfer yang lebih rendah dan lebih lembap, kecuali Polar Awan stratosfer (PSC) adalah pengecualian karena PSC muncul di stratosfer bawah dekat kutub pada musim dingin.. Temperatur mengalami kenaikan tajam di termosfer bawah (di bawah 200 hingga 300 km ketinggian), kemudian naik dan tahan cukup stabil dengan meningkatnya ketinggian di atas ketinggian itu.. Ketika Matahari aktif di sekitar puncak siklus sunspot , sinar-X dan radiasi ultraviolet dari panas Matahari dan “membusungkan” termosfer – meningkatkan ketinggian thermopause pada ketinggian sekitar 1.000 km (620 mil) di atas permukaan Bumi.

Fungsi atmosfer yaitu mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Simak fungsi, komposisi, dan urutan lapisan atmosfer di sini!

Selain melindungi dari paparan sinar matahari, atmosfer juga membuat Bumi aman dari benturan benda-benda langit yang melintas mendekati Bumi.. Setelah memahami fungsi dan manfaat atmosfer, kini detikers perlu memahami tentang lapisan dan komposisi atmosfer serta urutan lapisannya.. Memunculkan berbagai fenomena alam seperti perubahan cuaca dan iklim Sebagai lapisan pembatas atau tropopause yang menyeimbangkan dengan lapisan atmosfer selanjutnya Mengatur suhu yang berbeda-beda pada bagian Bumi. Lapisan inilah yang memiliki fungsi utama untuk melindungi permukaan Bumi dari gelombang sinar ultraviolet yang membahayakan makhluk hidup.. Mesosfer adalah lapisan ketiga atmosfer di mana terjadi penurunan suhu yang sangat signifikan pada setiap ketinggian.. Lapisan Kennelly Heavyside atau lapisan E (100-200 kilometer) Lapisan Appleton atau lapisan F (200-400 kilometer) Lapisan Atom (400-800 kilometer). Karena jaraknya terbilang jauh dari permukaan Bumi, gaya gravitasi sangat rendah dan hampir tidak terasa di lapisan terakhir atmosfer.. Ozon adalah kandungan gas yang berada pada stratosfer dan berfungsi melindungi permukaan Bumi dari paparan ultraviolet dari sinar matahari.

Taman Kaktus TMII - Contoh adaptasi fisiologis adalah mekanisme CAM Crassulacean Acid Metabolism yaitu kemampuan menyimpan karbon dioksida pada ...

Xerofit merupakan tumbuhan yang dapat beradaptasi di lingkungan yang panas dan kering.. Xerofit juga dapat bertahan di udara yang kering dan kurang air sekalipun.. Ciri-ciri tumbuhan xerofit antara lain adalah memiliki permukaan yang dilapisi lapisan lilin, ukuran daun kecil dan berduri, batang yang tebal, dan memiliki akar yang sangat panjang.. Hidrofit sendiri adalah jenis tumbuhan yang mampu beradaptasi di lingkungan yang basah atau hidup di air.. Yuk, kita lihat bagaimana adaptasi setiap jenis tumbuhan itu!. Ciri-ciri tumbuhan xerofit adalah:. Lapisan ini berguna untuk mengurangi penguapan.. Yuk, kita lihat bagaimana adaptasi setiap jenis tumbuhan itu!. Ciri-ciri tumbuhan xerofit adalah:. Lapisan ini berguna untuk mengurangi penguapan.. Tumbuhan hidrofit beradaptasi dengan lingkungan perairan agar dapat bertahan hidup, teman-teman.. Ciri-Ciri Tumbuhan Hidrofit. Ada beberapa ciri-ciri tumbuhan hidrofit:. Ciri-Ciri Tumbuhan Hidrofit. Ada beberapa ciri-ciri tumbuhan hidrofit:

Videos

1. LAPISAN BUMI ATMOSFER IPA KELAS 7 SMP
(Prof. Aira)
2. (Video Ruangguru)- ruangbelajar -Geografi SMA - Dinamika Atmosfer | bimbel online
(Ruangguru Bimbel Online No. 1)
3. Eduscovery : Geografi (atmosfer)
(Edulab Indonesia)
4. Lapisan Atmosfer Bumi
(Geografi'17 FKIP ULM)
5. LAPISAN BUMI PART 1. ATMOSFER : IPA KELAS 7 SMP
(SIGMA SMART STUDY)
6. GEOGRAFI KELAS 10 - BAB 6 ATMOSFER DAN KAITANNYA DALAM KEHIDUPAN
(PKBM AL-FATTAH)

You might also like

Latest Posts

Article information

Author: Duane Harber

Last Updated: 07/08/2022

Views: 5767

Rating: 4 / 5 (71 voted)

Reviews: 94% of readers found this page helpful

Author information

Name: Duane Harber

Birthday: 1999-10-17

Address: Apt. 404 9899 Magnolia Roads, Port Royceville, ID 78186

Phone: +186911129794335

Job: Human Hospitality Planner

Hobby: Listening to music, Orienteering, Knapping, Dance, Mountain biking, Fishing, Pottery

Introduction: My name is Duane Harber, I am a modern, clever, handsome, fair, agreeable, inexpensive, beautiful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.